KAIZEN

Kami adalah sebuah lembaga training yang memiliki core business pada motivasi, leadership, manajerial, dan spiritual. Metode yang kami gunakan adalah experiential learning yang terbukti efektif dalam pelatihan. Kami memfasilitasi training baik indoor maupun outdoor. Semoga dengan kehadiran kami, anda selalu termotivasi diri, organisasi, perusahaan, dll. Salam sukses selalu dari kami -:) KAIZEN.

Kamis, 11 Desember 2008

2 cara/pendekatan untuk mengatasi masalah

"Selalu ada 2 cara/pendekatan untuk mengatasi masalah, yaitu dengan mengatasi gejalanya, atau dengan mengatasi akar permasalahannya"

Contoh yang sederhana dan bersifat humor adalah ketika seorang pasien datang ke praktek dokter spesialis dan bertanya, "Dokter, bahu saya sakit sekali bila tangan saya angkat 90 derajat ke atas" dan sang dokter menjawab "baik pak, bila demikian, jangan pernah angkat tangan Anda ke atas seperti itu".

Dapat kita ketahui bahwa jawaban dokter tadi adalah salah satu cara mengatasi permasalahan secara superficial atau sebatas kulit saja, jadi tidak menyelesaikan akar permasalahan. Sama halnya dengan bila seseorang sedang sakit gigi dan sakit kepala berkepanjangan, dan ia mengkonsumsi parasetamol untuk pereda rasa sakit, namun tidak menyelesaikan akar permasalahannya sendiri, misalnya dengan mencabut gigi yang hampir tanggal.

Bagaimana dengan kehidupan sehari-hari? banyak dari kita yang mengatasi masalah dengan sebatas menghilangkan gejala / symptomnya saja, misalnya dalam permasalahan karir, keuangan, hubungan, kesehatan, dll. Silakan Anda renungkan apakah selama ini Anda hanya menyelesaikan symptom / gejala permasalahan semata ketimbang menyelesaikan sebuah masalah sampai ke akar-akarnya?

Semoga bermanfaat dan Terima kasih atas perhatiannya, sukses selalu untuk Anda sekalian dan sampai jumpa pada newsletter berikutnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda